Ekspor dan Impor, Pengertian dan Manfaat Serta Tujuannya

Secara umum, sebagian besar orang sudah mengetahui tentang pengertian ekspor dan impor. Termasuk juga mengenai manfaat serta tujuan diadakannya kegiatan ekspor impor tersebut. Tidak hanya sekedar untuk memasarkan sebuah produk dari suatu bisnis online. Tetapi juga merupakan kegiatan yang dapat mengembangkan sebuah perusahaan untuk berkembang menjadi lebih besar lagi. Selain itu juga dapat mempengaruhi terhadap pemasukkan pada negara Indonesia. Berikut ini artikel tentang ekspor dan impor, pengertian dan manfaat serta tujuannya.

Materi Pelatihan Diklat Ekspor Impor

Pengertian Ekspor dan Impor

  1. Ekspor
    Pengertian ekspor secara umum adalah kegiatan ekonomi dengan cara menjual atau memasarkan suatu produk lokal (dalam negeri) untuk dikirimkan keluar negeri. Supaya bisa melakukan kegiatan ekspor, biasanya produk yang akan diekspor harus diproduksi dalam jumlah besar. Sehingga bisa memenuhi target penjualan yang ditentukan. Serta harus dipastikan bahwa kebutuhan dalam negeri akan produk tersebut sudah terpenuhi, sehingga tidak terjadi kekurangan produk yang diekspor tersebut.
    Kegiatan ekspor yang dilakukan oleh seorang eksportir dalam jumlah besar, harus melalui pengawasan lembaga bea cukai, baik dari negara pengekspor maupun negara penerima produk ekspor. Masing-masing negara – termasuk negara Indonesia – memiliki kebijakan tersendiri dalam hal peraturan ekspor. Bagi eksportir yang ingin mengirimkan produknya keluar negeri, harus mempelajari terlebih dahulu mengenai peraturan atau undang-undang ekspor yang berlaku di negara tujuan. Sehingga kegiatan ekspor akan lebih aman dan terkendali, karena sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  2. Impor
    Pengertian impor secara umum adalah kegiatan ekonomi dengan cara menjual atau memasarkan produk dari negara tertentu dan dikirim ke negara yang lain (ke dalam negeri).  Sama halnya dengan ekspor, impor juga diawasi oleh lembaga bea cukai baik di negara pengimpor maupun negara penerima. Terkadang importir juga harus menanggung pajak yang cukup tinggi dari barang yang diimpor. Hal tersebut menyebabkan harga produk impor akan menjadi lebih tinggi, karena sudah ditambahkan pajak pada harga jualnya. Selain itu, pemerintah juga memiliki peraturan tersendiri mengenai kuota/batasan impor.

Manfaat dan Tujuan

Ada beberapa manfaat serta tujuan yang didapat dari kegiatan ekspor dan impor. Dengan melakukan ekspor, maka akan memberikan peluang berkembangnya suatu bidang usaha, terutama dalam pemasaran produk ekspor tersebut. Selain itu juga dapat memperluas pangsa pasar produk dalam negeri, sehingga diharapkan dapat bersaing dengan produk lain. Kegiatan ekspor juga dapat menjaga kondusifitas dunia usaha di dalam negeri. Juga dapat mempengaruhi pada produk ekspor yang ada di dalam negeri dan dapat menjaga kurs valuta asing supaya tetap stabil dan terkendali.

Adapun manfaat serta tujuan dari kegiatan impor, diantaranya adalah memenuhi kebutuhan produk/bahan baku yang sedang dibutuhkan di dalam negeri. Selain itu, impor juga dapat mempertahankan devisa supaya tidak keluar negeri dan akan memperkuat neraca pembayaran di dalam negeri.

Demikian artikel tentang ekspor dan impor pengertian dan manfaat serta tujuannya, semoga bermanfaat dan bisa menjadi panduan untuk para eksportir dan importir.

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *